BERITA UTAMA

Ketua BPK Resmikan Kantor Sekretariat ASEANSAI

02 April 2018

Dilatarbelakangi oleh penetapan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Sekretariat ASEANSAI periode 2018 – 2023 pada ASEANSAI Summit ke-4 yang berlangsung di Laos pada November 2017, maka sebagai wujud komitmen menjalankan amanat tersebut BPK RI membangun Kantor Sekretariat ASEANSAI yang berlokasi di Lantai 1 Kantor Pusat BPK RI, Jalan Gatot Subroto Nomor 31, Jakarta Pusat yang diresmikan oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, pada, Senin (2/4).

Peresmian Kantor Sekretariat ASEANSAI tersebut turut disaksikan oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono,Anggota V BPK, Isma Yatun, Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, Presiden of State Audit Organization of Lao PDR, Viengthong Siphandone, Mantan Ketua BPK, Hadi Purnomo, para delegasi lembaga pemeriksa anggota ASEANSAI dan para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan BPK.

Dalam sambutannya Ketua BPK mengatakan, BPK akan menfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan ASEAN Supreme Audit Institution (ASEANSAI) beserta para pemangku kepentingan dan lembaga donor. BPK juga ikut mendukung negara-negara ASEAN dalam meningkatkan peran perangkat pemerintahan untuk mewujudkan kemakmuran rakyatnya.

Kepercayaan yang kembali diterima BPK sebagai sekretariat ASEANSAI adalah merupakan suatu kehormatan bagi BPK. BPK menghargai tantangan ini dan akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan para anggota ASEANSAI.

Kantor Sekretariat ASEANSAI adalah simbol rasa saling menghormati dari masing-masing Supreme Audit Institution (SAI), dan sebagai pemimpin di setiap negara, terus bergerak untuk mendukung berbagai tujuan pembangunan dengan berbagai keadaan berbeda yang dihadapi setiap negara.

‚Äč

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan seremonial pengguntingan pita yang dilakukan oleh Ketua BPK bersama dengan Presiden of State Audit Organization of Lao PDR dan diakhiri dengan kunjungan ke Miniatur Museum BPK yang dipandu oleh Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman.