BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Tinjau Balai Diklat PKN Bali Usai Diresmikan

12 Oktober 2019

GIANYAR, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar mengadakan kunjungan ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Balai Diklat PKN), di Gianyar, Bali, pada Jumat (11/10). Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau Balai Diklat PKN Bali yang baru saja diresmikan oleh Ketua BPK pada 10 Oktober 2019 bersamaan dengan Konferensi Internasional tentang Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara (International Conference of State Finance and Accountability/InCSFA) di BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Disamping itu juga, Wakil Ketua BPK berkesempatan memberikan pengarahan dan berdialog dengan Kepala Badan Diklat (Badiklat) PKN BPK Hery Subowo, Kepala Pusat Standarisasi dan Evaluasi, Gunarwanto, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Rio Tirta, serta jajaran manajemen Badiklat PKN BPK lainnya.

Dalam kunjungan kali ini, Wakil Ketua BPK menyampaikan dukungan dari Pimpinan dan Anggota BPK dalam rangka pengembangan Balai Diklat Bali sebagai balai diklat internasional yang akan menyelenggarakan diklat bagi auditor BPK negara lain disamping diklat bagi stakeholder pengelola keuangan daerah dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) daerah di wilayah Timur Indonesia.

Wakil Ketua BPK juga menekankan pentingnya program sertifikasi Certified State Finance Auditor (CSFA) bagi APIP, kalangan praktisi, dunia profesi dan kolega auditor internasional baik secara recognition maupun ujian reguler. Penting juga bagi Balai Diklat PKN yang ada di Jakarta, Medan, Yogya, Makassar dan Bali untuk bersinergi dengan Perwakilan BPK dalam rangka memenuhi permintaan diklat eksternal.

Untuk memenuhi tanggung jawab sebagai pusat unggulan diklat pemeriksaan keuangan negara, jajaran Badiklat juga diminta oleh Wakil Ketua BPK untuk lebih berfikir 'out of the box' dalam mengembangkan kurikulum, metode pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi informasi sehingga Badiklat dapat bertransformasi menjadi Corporate University di bidang State Finance and Public sector Auditing and Accounting.