BERITA UTAMA

Lima Anggota Baru BPK Akan Segera Bertugas Usai Dilantik

17 Oktober 2019

JAKARTA, Humas BPK - Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) terpilih periode jabatan 2019-2024 ucapkan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, pada Kamis (17/10).

Dari lima Anggota BPK terpilih tersebut dua di antaranya merupakan petahana (incumbent) yakni Achsanul Qosasi (Anggota BPK periode 2014-2019) dan Harry Azhar Azis (Anggota BPK periode 2014-2019). Sementara itu, tiga Anggota BPK terpilih lainnya merupakan anggota baru, yaitu Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, dan Pius Lustrilanang.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kelima Anggota BPK tersebut dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla serta para pimpinan lembaga negara, menteri, dan pelaksana di lingkungan BPK.

Pelantikan Anggota BPK periode 2019-2024 ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 101/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian dengan Hormat dan Peresmian Keanggotaan BPK.

Keppres 101/2019 tersebut menetapkan lima Anggota BPK terpilih periode 2019-2024 dan sekaligus memberhentikan dengan hormat Anggota BPK yang berakhir masa jabatannya, yaitu Moermahadi Soerja Djanegara (Ketua BPK), Achsanul Qosasi, Rizal Djalil, dan Harry Azhar Azis, serta Anggota BPK yang meninggal dunia pada 7 Januari 2019 yaitu Eddy Mulyadi Soepardi.

Setelah pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, kelima Anggota BPK tersebut akan segera melaksanakan tugasnya bersama empat Anggota BPK lainnya yaitu Bahrullah Akbar, Agung Firman Sampurna, Agus Joko Pramono, dan Isma Yatun.

Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK akan dilakukan dalam sidang Anggota BPK. Setelah itu, Ketua dan Wakil Ketua BPK terpilih akan mengucapkan sumpah atau janji dipandu oleh Ketua MA.