BERITA UTAMA

IDI-ASOSAI Mereviu LHP Kesiapan Implementasi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan

13 November 2019

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) Agus Joko Pramono menerima kunjungan kehormatan dari tim Reviewer Program IDI-ASOSAI Cooperative Audit on Preparedness for Implementation of Sustainable Development Goals (SDGs).

Agus Joko Pramono didampingi oleh Sekretaris Jenderal Bahtiar Arif, Auditor Utama Keuangan Negara II Laode Nusriadi dan Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara Slamet Kurniawan. Sementara tim reviewer terdiri dari Ms. Matulee Yokee (SAI Thailand) dan Mr. David Doe Amediku (SAI Ghana) pada Rabu, (13/11/2019) di Kantor Pusat BPK, Jakarta.

Kunjungan ini bertujuan mereviu Quality Assurance (QA) hasil pemeriksaan kinerja yang telah dilakukan BPK atas kesiapan implementasi pencapaian pembangunan berkelanjutan Pemerintah Republik Indonesia pada Bappenas, Badan Pusat Statistik, Kementerian Keuangan, dan instansi terkait lainnya periode 2016 s.d. semester I tahun 2018.

Reviu dilakukan untuk memverifikasi kesesuaian pemeriksaan yang telah dilakukan BPK dengan ISSAIs (International Standards of Supreme Audit Institutions).

Dilakukan selama tiga hari (11 s.d. 13 November 2019), tim reviewer dan tim pemeriksa Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) 2 BPK yang menjadi pemegang portofolio audit terhadap SDGs, melakukan diskusi terkait perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil audit yang telah dilaksanakan.

Hasil reviu ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemeriksaan kinerja BPK terkait SDGs di masa mendatang.