BERITA UTAMA

BPK Perkuat Pengembangan Organisasi State Audit Offie of Vietnam

25 November 2019

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna didampingi Anggota IV BPK Isma Yatun menerima Delegasi dari State Audit Offie of Vietnam (SAV) yang dipimpin oleh Deputy Auditor General, Nguyen Quang Thanh dalam courtesy meeting di Kantor Pusat BPK, pada Senin (25/11) di Jakarta.

Courtesy meeting ini merupakan acara pembuka dari rangkaian kegiatan dalam study visit SAV ke BPK yang berlangsung selama 3 hari (25-27 November 2019) di Kantor Pusat BPK dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara, di Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya Ketua BPK menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan SAV kepada BPK untuk menjadi mitra dalam pengembangan organisasi melalui pengembangan kapasitas dan kompetensi pegawai SAV dalam beberapa kegiatan antara lain technical assistance, secondment, training dan workshop di berbagai topik yaitu pemeriksaan kinerja, pemeriksaan lingkungan, pemeriksaan infrastruktur dan mengembangan pedoman audit.

Ketua BPK berharap study visit ini dapat menjadi momentum yang baik bagi SAV untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait praktek yang telah dilakukan BPK dan memberikan pandangan serta lessons learned yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran ke depan.

Sementara itu, Deputy Auditor General SAV mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan BPK untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan khususnya dalam pemeriksaan sektor publik. Ia yakin bahwa ke depan, BPK dan SAV dapat terus bekerja sama dan saling mendukung dalam peningkatan kapasitas pemeriksa masing-masing.

Hadir dalam courtesy meeting tersebut, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya BPK, perwakilan dari The European Union Public Finance Modernisation Project (EUPFMO) serta perwakilan dari Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta.

‚Äč

Study visit ini merupakan implementasi kerja sama bilateral antara BPK dan SAV di bidang pengembangan pemeriksaan keuangan, kinerja dan kapasitas organisasi yang telah berlangsung lebih dari 8 tahun.

Dalam study visit selama tiga hari tersebut, topik yang akan dibahas adalah strategic audit planning, risk based approaches in audit, audit quality control and quality assurance, post-audit follow up, IT to support audit serta human resource and training management.