BERITA UTAMA

BPK Menghadiri the 5th ASEANSAI Summit

06 November 2019

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam kapasitasnya sebagai anggota dan sekretariat ASEANSAI menghadiri the 5th ASEANSAI Summit dan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 4 sampai 6 November 2019 di, Kuala Lumpur, Malaysia.

Delegasi BPK kali ini dipimpin oleh Anggota IV BPK, Isma Yatun. Dalam pertemuan ini, beliau menyampaikan laporan kegiatan sekretariat ASEANSAI dan mempresentasikan rencana kegiatan sekretariat selama dua tahun mendatang (2020-2021).

Dalam presentasinya disampaikan bahwa BPK sebagai sekretariat ASEANSAI akan berkontribusi dalam implementasi Rencana Strategis ASEANSAI. Isma Yatun juga berharap agar ASEANSAI berperan dalam mendorong SAI di kawasan ASEAN untuk menjawab tantangan audit dan bersama-sama mendorong terciptanya transparansi dan akuntabilitas di kawasan ASEAN.

Kegiatan diawali dengan rapat persiapan (4/11), dilanjutkan dengan rapat koordinasi donor dan rapat teknis (5/11), yang dipimpin oleh Bahtiar Arif, Sekretaris Jenderal BPK sekaligus Head of ASEANSAI Secretariat.

Pada puncak acara 5th ASEANSAI Summit (6/11), dilakukan serah terima jabatan Keketuaan dari Viengthong Siphandone, President of State Audit Organization of Lao PDR kepada Dato Nik Azman Nik Abdul Majid, Auditor General Malaysia. Acara dibuka secara resmi melalui sambutan dan pemukulan gong oleh Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail, Deputy Prime Minister Malaysia.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang undangan, di antaranya para Ketua badan pemeriksa keuangan (Supreme Audit Institution) dari negara ASEAN, delegasi dari sepuluh negara anggota ASEAN, para duta besar dari negara ASEAN, lembaga donor internasional, dan Kepala Biro Humas & Kerja Sama Internasional.