BERITA UTAMA

BPK Dorong Pemda Meningkatkan Penyelesaian Tindak Lanjut

13 November 2019

BENGKULU, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terus berupaya mendorong Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan. Penyelesaian tindak lanjut merupakan indikator kinerja pemerintah.

“Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) ini penting, karena menjadi indikator bagi kita sebagai pegawai negeri,” ujar Anggota V BPK Bahrullah Akbar saat menyampaikan arahan pada Pembahasan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Semester II 2019 dan Sosialisasi SIPTL, Bengkulu, Selasa (12/11/2019).

Bahrullah mengatakan BPK ingin bersama-sama dengan pemerintah daerah (pemda) berkolaborasi dalam rangka perbaikan yang terus-menerus dalam tata kelola keuangan, khususnya dalam penyelesaian tindak lanjut rekomendasi.

Pada kesempatan tersebut, Bahrullah menekankan agar Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat mengoptimalkan penggunaan SIPTL dan meningkatkan persentase penyelesaian tindak lanjut.
“Saya berharap Provinsi Bengkulu bisa menyelesaikan tindak lanjut hingga 85%,” ungkap Anggota V BPK pada acara yang dilaksanakan di Auditorium Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu tersebut.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu Aryo Seto Bomantari dalam laporannya mengatakan tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu masih relatif rendah.

“Target tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi yang diharapkan adalah sekurang-kurangnya 75%,” ungkapnya. Oleh karena itu, perlu ada program percepatan agar target tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi dapat tercapai, sehingga kualitas tata kelola keuangan daerah menjadi semakin meningkat, transparan, dan akuntabel.

Kegiatan ini diikuti oleh para Kepala Daerah se-Provinsi Bengkulu, para Inspektur, serta admin dan inputer aplikasi SIPTL se-Provinsi Bengkulu. Selain itu turut hadir Auditor Utama Keuangan Negara V BPK Novian Herodwijanto dan para pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Guna lebih mendorong pemda se-Provinsi Bengkulu dalam menindaklanjuti rekomendasi, usai pembukaan Sosialisasi SIPTL, BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Forum Group Dicussion (FGD) Eksekutif Percepatan Tindak Lanjut.

FGD ini diikuti oleh Kepala Daerah se-Provinsi Bengkulu dan dipimpin oleh Anggota V BPK. FGD tersebut bertujuan untuk memperoleh pemahaman bersama tentang strategi dan juga dukungan serta komitmen dari Kepala Daerah dalam mempercepat penyelesaian tindak lanjut.