BERITA UTAMA

AKN VI Lakukan Evaluasi Kegiatan Pemeriksaan Tahun 2019 dan Persiapan Pemeriksaan Tahun 2020

JAKARTA, Humas BPK - Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kedepannya diharapkan dapat memuat Indikator Ekonomi Makro untuk menunjukan capaian kesejahteraan rakyat, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Produk Domestik regional Bruto (PDRB) per kapita, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Indikator Kemiskinan, Gini Rasio, serta ditambahkan lagi dengan Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Inflasi.

Demikian dikatakan Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI, Harry Azhar Azis saat membuka secara resmi Workshop Evaluasi Hasil Pemeriksaan Tahun 2019 dan Persiapan Pemeriksaan Tahun 2020 di Lingkungan AKN VI, yang berlangsung pada tanggal 18 – 19 Desember 2019, di Jakarta.

“Seharusnya pengelolaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tidak hanya sekedar mengejar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) saja, akan tetapi pengelolaan keuangan negara/daerah harus juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tegas Harry Azhar Azis.

Selain itu, Harry Azhar Azis mengatakan target prosentase Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) untuk entitas di lingkungan AKN VI tahun 2020 adalah 85%, untuk itu harus ditingkatkan karena berdasarkan capaian tahun 2019 prosentase penyelesaian TLRHP untuk entitas di lingkungan AKN VI, pada semester I tahun 2019 berkisar antara 58,65% sampai 93,82% atau rata-rata 73,19%. Capaian ini masih di bawah target tahun 2019 yang ditetapkan yaitu sebesar 75%.

Dalam laporannya Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pejabat fungsional pemeriksa di lingkungan AKN VI. Workshop ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas kegiatan pemeriksaan tahun 2019 dan persiapan pemeriksaan tahun 2020 di lingkungan AKN VI, sehingga diharapkan tercipta sinergi yang baik antar satuan kerja.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Utama Binbangkum, Direktorat EPP, Inspektorat Utama dan Biro Teknologi Informasi. Dengan penjelasan dari para narasumber diharapkan para peserta dapat semaksimal mungkin dapat secara bersama-sama mengevaluasi pelaksanaan pemeriksaan tahun 2019, agar pelaksanaan pemeriksaan di tahun 2020 dapat lebih baik lagi dalam mengimplementasikan kebijakan pimpinan BPK dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai independensi, integritas dan profesionalisme

Bagikan konten ini: