BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK RI dan Deputy Auditor General SAV Vietnam Membahas Hasil Kerja Tim Technical Assistance BPK di SAV

06 Agustus 2018

Hanoi 03 Agustus 2018, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, mengadakan pertemuan dengan Deputy Auditor General State Audit Office Vietnam (SAV) Mr. Dang The Vinh di Hanoi untuk membahas hasil kerja tim technical assistance BPK di SAV untuk pemeriksaan lingkungan selama periode April s.d. Agustus 2018.

Dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua BPK menyatakan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan oleh SAV kepada BPK dalam memberikan bimbingan teknis pada pemeriksaan manajemen lingkungan oleh tim audit SAV di kawasan industri Bac Ninh Province, Vietnam. Tujuan dari kunjungan Wakil Ketua BPK ini adalah memonitor dan memastikan kerja tim sesuai dengan TOR dan timeline yang telah ditetapkan dan menghasilkan output sesuai yang diharapkan. Tim technical assistance BPK di SAV berjumlah tiga orang yang dipimpin oleh Rudi Sinaga.

Deputy Auditor General SAV Mr Dang The Vinh mengucapkan terima kasih kepada tim technical assistance BPK karena proyek ini telah dilaksanakan sesuai jadwal dan memperoleh hasil yang diharapkan. Proyek ini dilaksanakan oleh tim dalam tiga tahap, yaitu planning (April), fieldwork (Juni) dan reporting (Agustus 2018), termasuk penyajian lesson learned kegiatan dan pemberian training kepada para pemeriksa SAV. Topik pemeriksaannya adalah menilai manajemen lingkungan dan dampak dari penanganan limbah cair di kawasan industri Bac Ninh Province terhadap lingkungan sekitarnya. Hasil pemeriksaan ini rencananya akan ditayangkan pada Asosai 14th Assembly Meeting 16 - 22 September 2018, di Hanoi Vietnam. Untuk kegiatan selanjutnya, Wakil Ketua BPK menawarkan kerjasama peningkatan kapasitas SAV pada pemeriksaan lingkungan dengan topik yang lain, dan kerjasama di bidang SAI PMF dan IT Audit.

Wakil Ketua BPK juga melakukan kunjungan kerja dan menemui Duta Besar RI untuk Republik Sosialis Vietnam Ibnu Hadi dan jajarannya. Pertemuan tersebut membahas sinergi dalam rangka mendukung peran BPK dalam mempromosikan tata kelola yang baik, transparansi dan akuntabilitas keuangan sektor publik di lingkup nasional, regional maupun internasional. Dalam pertemuan ini Wakil Ketua BPK didampingi oleh Kepala Bagian Kerjasama Internasional Wahyudi.