BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Paparkan Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas

18 Januari 2019

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahrullah Akbar hadir sebagai pembicara dalam Sosialisasi Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPK memaparkan mengenai kedudukan dan wewenang, serta tugas dan fungsi BPK dalam melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Bahrullah menjelaskan bahwa, secara konsep BPK adalah bagian dari pemerintahan. Bila melihat teori Trias Politica ada tiga fungsi, yaitu fungsi eksekutif, legislatif dan yudikatif, dimana peran BPK adalah peran auditif sebagai check and balance.

“Berdasarkan hal tersebut, BPK tidak di bawah pemerintah dan juga tidak di bawah parlemen,” tegasnya di hadapan para mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Gowa yang hadir pada acara sosialisasi yang dilaksanakan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (18/1).

Bahrullah juga mengungkapkan bahwa, BPK memiliki best practice yang mengacu kepada organisasi lembaga pemeriksa sedunia yaitu INTOSAI (The International Organization of Supreme Audit Institutions). BPK merujuk kepada seluruh standar-standar pemeriksaan yang dipublikasikan oleh INTOSAI.

Selain itu, Bahrullah juga menegaskan bahwa fungsi pemeriksaan BPK adalah mendorong pemerintah untuk bekerja secara transparan dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan tujuan bernegara yaitu untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Untuk menjalankan tugasnya ini maka BPK melakukan tiga jenis pemeriksaan yaitu, pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Selain Wakil Ketua BPK, hadir sebagai pembicara dalam kegiatan sosialisasi ini Rektor IPDN, Murtir Jeddawi dan Direktur Pusat Finansial Mikro Universitas Hasanuddin, Gagaring Pagalung. Dari kegiatan ini diharapkan hubungan kelembagaan BPK dengan kalangan akademisi dan pemahaman tentang tugas dan fungsi BPK dapat ditingkatkan. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mendukung peran BPK dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.