BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Jelaskan Tugas dan Fungsi BPK dalam Kegiatan Goes To School

09 Februari 2018

Dengan mengangkat tema “Peran BPK dalam Mendorong Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara”, BPK mengelar kegiatan “BPK Goes to School” di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta, Kamis (8/2/2018). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk dialog terbuka ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pelajar serta para pengajar mengenai tugas dan wewenang BPK serta memahami kedudukan BPK dalam ketatanegaraan.

Kegiatan ini menghadirkan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar sebagai pembicara utama. Dalam paparannya di hadapan 200 siswa siswi, Wakil Ketua mengatakan bahwa BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara dapat mewujudkan tujuan negara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas,” ungkapnya.

BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan demikian BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat terwujud yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Selain itu, Anggota BPK juga menguraikan fungsi audit BPK, pengertian keuangan negara dan keuangan daerah, penerapan akrual basis, dan dana desa. Anggota BPK mengatakan hasil amendemen UUD 1945 memberi kekuasaan auditif kepada BPK untuk melengkapi kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang sudah ada selama ini.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya mutu hubungan kelembagaan BPK dengan kalangan akademisi dan meningkatnya pemahaman serta dukungan masyarakat terhadap peran BPK dalam, mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.