BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Buka Secara Resmi Rapat Koordinasi Kehumasan BPK Tahun 2017

18 Mei 2017

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu sarana peningkatan kualitas pelayanan publik, sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dan secara lebih mendalam tentang Reformasi Birokrasi yang mendorong setiap lembaga dalam melakukan pengelolaan informasi didasari oleh prinsip Good Governance yaitu transparansi dan akuntabilitas. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar yang didampingi Sekretaris Jenderal, Hendar Ristriawan pada saat membuka acara secara resmi acara Rapat Koordinasi Kehumasan BPK Tahun 2017 dengan tema “Penguatan Peran Humas BPK dalam Mendukung Keterbukaan Informasi Publik” yang dilaksanakan di Hotel Ciputra Jakarta.

Agar masyarakat mengetahui akan tujuan BPK dalam tata kelola keuangan negara peran humas harus dapat menjelaskan secara baik dan benar.

Para kepala perwakilan harus dapat mengarahkan dengan baik kepada humas di perwakilan untuk dapat memberikan yang terbaik untuk citra BPK. Humas harus betul-betul dapat memahami tentang proses bisnis BPK supaya dapat dengan baik melayani memberikan informasi kepada masyarakat.

Humas harus dapat memilah dan memilih informasi mana yang dapat diberikan ke publik agar tidak melanggar keketentuan peraturan perundangan, jangan sampai nanti BPK yang dituntut.

Humas harus mempunyai kemampuan public relation sehingga dapat menjaga hubungan baik dengan semua pihak yang berkaitan dengan BPK.

Wakil Ketua berharap peran humas baik di pusat maupun diperwakilan dapat membuat citra BPK yang positif, yaitu BPK yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas

Rapat Koordinasi Kehumasan ini dilaksanakan selama dua hari (16 – 17 Mei), menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Komisioner Komisi Informasi Pusat, Yhannu Setyawan yang memberikan pemaparan mengenai Informasi yang Dikecualikan dan Sengketa Informasi Publik, Teges Prita Soraya yang memaparkan mengenai Tugas dan Fungsi PR, dan Parlindungan Marpaung yang memberikan paparan mengenai Pelayanan Prima pada Pusat Informasi dan Komunikasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta memiliki keseragaman persepsi atas tujuan pelayanan kehumasan di BPK melalui rencana kegiatan kehumasan tahun 2017 di pusat dan perwakilan dan meningkatkan sinergi dan kerja sama dalam pelaksanaan tugas kehumasan oleh humas BPK Pusat dan humas BPK Perwakilan.