BERITA UTAMA

Usai Ziarah ke Makam Pimpinan BPK Terdahulu, Wakil Ketua BPK Beri Kuliah Umum di Universitas Antakusuma

08 Januari 2018

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar pada kuliah umum di Universitas Antakusuma, di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah (Senin, 8/1/2018).

Kuliah umum yang dikemas dalam kegiatan BPK Goes to Campus ini dilaksanakan usai Wakil Ketua BPK dan jajarannya berziarah ke makam mendiang mantan Wakil Ketua BPK Periode 2004-2009, Alm. Abdullah Zaini. Ziarah ke makam mantan pimpinan BPK tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT BPK ke-71.

Dengan mengusung tema “Peran BPK Dalam Mendorong Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara” BPK Goes to Campus ini diharapkan dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Dalam paparannya, Wakil Ketua BPK menjelaskan, bahwa BPK memiliki peran dalam memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat mewujudkan tujuan negara yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “Visi BPK adalah mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas,” ungkapnya dihadapan para mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Antakusuma yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPK juga menjelaskan beberapa hal tentang Keuangan Negara, Akuntabilitas dan Transparansi, serta Tugas dan Wewenang BPK. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada publik khususnya akademisi mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK serta tentang keuangan negara.

Selain Wakil Ketua BPK, hadir pula dalam kegiatan itu diantaranya Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat, Ahmad Riansyah, Rektor Universitas Antakusuma, Jeffrie Wattimena, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran di lingkungan BPK dan Universitas Antakusuma.