BERITA UTAMA

Study Visit BPK ke PhilHealth dan Commission on Audit (COA) Filipina

06 Februari 2017

Anggota VI BPK, Bahrullah Akbar, memimpin delegasi BPK melakukan study visit ke badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan sejenis BPJS di Filipina yaitu Philippine Health Insurance Cooperation (PhilHealth) pada tanggal 31 Januari 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan benchmark dan memperoleh best practices atas penyelenggaraan jaminan kesehatan sosial di Filipina. Didampingi oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Indonesia, Fahmi Idris, delegasi diterima oleh Ramon F. Aristoza, Jr. selaku Vice Chairperson and Member, President and CEO PhilHealth, dan Johnny Y. Sychua selaku OIC-EVP & Chief Operating Officer.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi teknis dengan PhilHealth mengenai sembilan topik layanan jaminan sosial kesehatan, misalnya strategic performance management, membership coverage, payment rates, actuarial calcululation of benefits, IT architecture, sampai dengan fraud fact-finding and presecution system.

Pada kunjungan ke penyedia layanan kesehatan esok harinya, Anggota VI BPK mempresentasikan country paper tentang praktek e-audit di BPK. Dengan komponen berupa e-audit portal, master of consolidator agent, dan document management, beliau memaparkan lesson learned dan way forward implementasi e-audit, yaitu data continuity, data types, dan portal limitation, sebagai tantangan yang dihadapi SAI. Dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke LHIO (Local Health Insurance Office) Pasig Marikina City Health Office dan Amang Rodriguez Memorial Medical Centre, para delegasi mempelajari operasional penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan di unit layanan cabang PhilHealth, sekaligus operasioanal pemberian layanan kesehatan di rumah sakit rujukan.

Pada tanggal 2 Februari 2017, Bahrullah Akbar memimpin delegasi melakukan bilateral meeting dengan Commission of Audit Philipines (COA) di kantor pusat Luzon City. Pertemuan bertujuan untuk melakukan knowledge sharing dan memperoleh benchmark atas praktek pemeriksaan kinerja layanan jaminan sosial kesehatan di Filipina. Auditor Utama KN VI BPK, Sjafrudin Mosii mempresentasikan pengalaman pemeriksaan BPK atas manajemen kinerja BPJS Kesehatan Indonesia, termasuk pemberian rekomendasi utk meningkatkan pendapatan premi, dan efisiensi operasional.

Kunjungan ini memberikan banyak manfaat bagi BPK dan COA Filipina dalam meningkatkan kualitas pemeriksaan kinerja atas layanan jaminan sosial kesehatan di kedua negara. Kunjungan ini juga telah memberikan bekal pengetahuan bagi BPK dalam memformulasikan rekomendasi pemeriksaan yang tepat dan sesuai dalam rangka meningkatkan kinerja BPJS Kesehatan Indonesia dalam pelayanan jaminan kesehatan di Indonesia.

Anggota delegasi BPK pada pertemuan ini terdiri dari enam orang, yaitu Sjafrudin Mosii (Auditor Utama KN VI BPK), Sumedi (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat), Arief Fadillah (Kepala Sub. Auditorat VI.A.1), Wahyudi (Kepala Bagian Kerjasama Internasional), Andi Wira Alamsyah (Auditor Senior pada Sub Auditorat VI.A.1), dan Sri Mulyani (Staf Senior pada Pusdiklat).