BERITA UTAMA

Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara 2018 Hadir di Makassar

09 Mei 2018

Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara, resmi digelar pada 8 Mei 2018, bertempat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini diadakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID) dengan beberapa kategori lomba seperti film pendek fiksi, dokumenter, serta video citizen journalist. Acara tersebut dihadiri oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Widiyatmantoro, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK, R. Yudi Ramdan Budiman dan Program Manajer USAID-CEGAH, Ary Nugroho.

Dalam sambutannya Auditor Utama Keuangan Negara VI mengatakan BPK berharap pada festival film ini proses dan hasil festival lebih menguatkan pengetahuan masyarakat mengenai mengawal harta negara sehingga dapat mendorong upaya aktif masyarakat secara bersama mengawal harta negara.

“Yang membedakan Festival Film Kawal Harta Negara 2018 dengan 2017, pertama adalah cakupan lokasi yaitu tahun ini roadshow dilakukan di enam kota. Kota-kota ini merupakan daerah yang potensial untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam bidang pengawasan maupun pemeriksaan yang dapat membantu kerja BPK. Daerah-daerah tersebut juga merupakan daerah prioritas dari program USAID-CEGAH untuk peningkatan pelayanan publik dan akuntabilitas”, papar Auditor Utama Keuangan Negara VI.

Roadshow di Kota Makassar merupakan yang keempat dari rangkaian roadshow yang akan dilaksanakan di 6 kota lainnya yakni Aceh, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Ambon dan Bandung. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, dan umum. Acara roadshow diisi dengan berbagai kegiatan seperti talkshow mengenai BPK dengan narasumber Kepala Subdirektorat Penelitian danm Pengembangan Pemeriksaan Kinerja, Ikhtaria Syaziah dan workshop film dengan sineas, Naya Anindita (sutradara film Berangkat dan Sundul Gan ), serta workshop Citizen Journalist oleh Thomas Herda (Senior Producer NET TV ).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap peran dan fungsi serta kinerja BPK sebagai pengawal harta negara. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menmdorong keterlibatan masyarakat dalam menginformasikan peran dan fungsi BPK sebagai lembaga pemeriksaan dan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Roadshow selanjutnya dari Festival Film Kawal Harta Negara 2018 ini akan digelar di Bandung, dan Ambon. Para pemenang akan diumumkan saat acara Awarding Night pada September 2018.