BERITA UTAMA

Pimpinan BPK Bertemu dengan Pimpinan Kementerian ESDM Bahas Isu Aktual terkait Hasil Pemeriksaan BPK

07 November 2016

Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) yang terdiri dari Anggota IV Prof. Dr. H. Rizal Djalil, Anggota VII Achsanul Qosasi, Anggota II Agus Joko Pramono bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, pada 7 November 2016 di Kantor Pusat BPK Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Pimpinan BPK berdiskusi seputar isu-isu aktual tentang Kementerian ESDM yang terkait dengan hasil pemeriksaan BPK.

Prof. Rizal Djalil yang memimpin pertemuan tersebut menjelaskan pentingnya komunikasi antara BPK dan Pemerintah dalam meningkatkan kinerja Pemerintah di bidang ESDM. Salah satu agenda utama adalah memberi pandangan dan masukan berdasarkan pemeriksaan BPK, di antaranya mengenai kebijakan progam kelistrikan 35.000 Mega Watt (MW), kebijakan subsidi BBM, dan pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian ESDM.

Pada akhir pertemuan, Pimpinan BPK dan Pimpinan Kementerian ESDM mendiskusikan pemeriksaan BPK terkait PT Freeport Indonesia. Pertemuan ini merupakan sebuah komunikasi silaturahmi guna mengefektifkan tindak lanjut pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK.