BERITA UTAMA

Pertemuan Teknis ke-16 serta Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPK RI dan JAN Malaysia

14 Februari 2017

Bertempat di Denpasar, Bali, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dan Jabatan Audit Negara Malaysia (JAN Malaysia) melaksanakan implementasi kerja sama bilateral melalui 2 kegiatan, yaitu Pertemuan Teknis ke-16 serta Penandatanganan renewal MoU pada tanggal 11-12 Februari 2017.

Dalam pertemuan tersebut, BPK RI dan JAN Malaysia saling berbagi pengetahuan di bidang sustainable development goals, pemeriksaan atas perkebunan kelapa sawit, pemeriksaan atas manajemen bencana, serta brainstorming terkait pemeriksaan atas pembangunan ekonomi di daerah perbatasan. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Tortama KN IV, Saiful Anwar Nasution, serta perwakilan dari AKN III, AKN IV, dan AKN V, serta Deputy Auditor General of Malaysia, Khalid Khan Bin Abdullah Khan, selaku Pimpinan delegasi Malaysia.

Pertemuan teknis tersebut menghasilkan The 16th Technical Agreement yang berisi kesepakatan mengenai rencana berbagi pengetahuan atas proyek penelitian terkait sustainable development goals dengan studi kasus mengenai perkebunan kelapa sawit dan kebakaran hutan, serta perencanaan riset. Selain itu, kedua SAI setuju untuk melaksanakan kunjungan belajar terkait penilaian mengenai dampak lingkungan dan pembangunan ekonomi di daerah perbatasan serta pembahasan isu-isu relevan lainnya pada pertemuan teknis ke 17 di Kuching, Sarawak, Malaysia di Bulan September 2017.

Pada tanggal 12 Februari 2017, Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis dan Deputy Auditor General of Malaysia, Khalid Khan Bin Abdullah Khan melakukan penandatanganan renewal Memorandum of Understanding. Penandatanganan tersebut diharapkan dapat mempertahankan hubungan yang ada dan memberikan kontribusi bagi pengembangan kapasitas pemeriksaan sektor publik di kedua negara.