BERITA UTAMA

Melalui Festival Film BPK Mendorong Masyarakat dalam Mengawal Harta Negara

04 Mei 2018

Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengetahui peran dan fungsi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal itu diungkapkan oleh Achsanul Qosasi, Anggota III BPK usai memberikan sambutan pada roadshow Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) 2018 yang dilaksanakan di Surabaya, Kamis (3/5).

Oleh karena itu, melalui program festival film, dimana BPK bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH serta dengan dukungan teman-teman sineas yang jago mengemas suatu film agar mudah dicerna oleh masyarakat khususnya kalangan mahasiswa dan pelajar. "Sehingga masyarakat bisa mengetahui langsung bagaimana BPK bekerja sesuai dengan amanat Undang-Undang," pungkas Anggota BPK.

Roadshow yang dilaksanakan di Gedung Wanita Candra Kencana di Surabaya ini merupakan roadshow yang kedua dari keseluruhan rangkaian. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Aceh, roadshow FFKHN 2018 selanjutnya akan digelar di Balikpapan, Makassar, Bandung, dan Ambon.

Pada roadshow kali ini acara diisi dengan berbagai kegiatan seperti Talkshow tentang BPK dengan narasumber Kepala Bidang Evaluasi, Sertifikasi, dan Akreditasi Pendidikan dan Pelatihan BPK, M. Yusuf John, workshop film dengan sineas Ismail Basbet (Sutradara), serta workshop mengenai pembuatan video Citizen Journalism bersama Thomas Herda (Senior Producer NET TV).

Diharapkan dengan FFKHN 2018 ini mampu menguatkan pengetahuan masyarakat mengenai kawal harta negara, sehingga dapat mendorong upaya aktif masyarakat dalam mengawal harta negara.