BERITA UTAMA

Kunjungan Deputy Auditor General Nepal

31 Juli 2017

Pada tanggal 28 Juli 2017, Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) menerima kunjungan dari Office of Auditor General (OAG) Nepal atau Badan Pemeriksa Nepal. Delegasi OAG Nepal berjumlah 16 orang yang dipimpin oleh Deputy Auditor General, Mr. Baburam Gautam.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk bertukar informasi dan pengalaman terkait tata kelola dan metodologi pemeriksaan terhadap pemerintah daerah oleh BPK baik di pusat maupun perwakilan.

Kunjungan diawali dengan Courtesy Call dengan Ketua BPK RI, Moermahadi Soerja Djanegara yang membicarakan perkembangan hubungan kerjasama kedua Badan Pemeriksa dan isu-isu terkini di bidang keuangan negara. Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang pemeriksaan BPK RI atas Pemerintah Daerah yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar. Diskusi turut hadiri oleh Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan, Inspektur Utama, Mahendro Sumardjo, Auditor Utama Keuangan Negara I, Heru Kreshna Reza, Plt Auditor Utama Keuangan Negara VII, Barlean Suwondo, Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD, dan Kekayaan Negara/Daerah yang Dipisahkan Lainnya, Novy Gregory Antonius Palenkahu, dan beberapa pejabat struktural di lingkungan BPK RI.

Dalam diskusi tersebut, kedua belah pihak saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang pemeriksaan atas Pemeritahan Daerah, terutama terkait dengan dasar hukum, ruang lingkup pemeriksaan, stuktur organisasi BPK Perwakilan, mekanisme pemeriksaan dan best practices pemeriksaan atas Pemerintah Daerah.

Sebagai lembaga yang baru saja mendapatkan mandat pemeriksaan pemda sesuai amandemen konstitusinya, hasil kunjungan ini akan dijadikan sebagai masukan bagi OAG Nepal dalam pembentukan struktur unit organisasi terkait, penyusunan kebijakan, perencanaan dan pelaksanaan pemeriksaan terhadap pemda, termasuk unsur koordinasinya.

Kunjungan diakhiri dengan office tour kantor pusat BPK dan makan siang bersama pimpinan BPK.