BERITA UTAMA

Kunjungan BPK RI ke ASA Mesir

28 Juni 2018

Dalam rangka menjajaki peluang kerja sama dengan lembaga pemeriksa negara lain, BPK RI melakukan kunjungan ke Arab Republic of Egypt Accountability State Authority pada tanggal 27 Juni 2018 di Cairo. Bertindak sebagai ketua delegasi adalah Anggota V BPK, Isma Yatun, didampingi oleh Tortama KN V, Bambang Pamungkas, serta Kepala Auditorat V.A, Ayub Amali, dan delegasi lainnya.

Delegasi BPK diterima oleh Ms. Mona Salahuldin Tawheed, Deputy Chairman of Arab Republic of Egypt Accountability State Authority. Dalam kunjungan tersebut, kedua belah pihak melakukan diskusi terkait gambaran umum organisasi pada masing-masing lembaga pemeriksa, termasuk kewenangan, sistem pemilihan pimpinan, serta penganggaran yang dilakukan. Berkenaan dengan peer review, Arab Republic of Egypt Accountability State Authority dapat melakukan pemeriksaan terhadap negara lain, namun, sesuai dengan peraturan yang dimiliki, Arab Republic of Egypt Accountability State Authority tidak memperbolehkan lembaga pemeriksa negara lain melakukan pemeriksaan terhadap lembaganya. Hal ini berbeda dengan sistem di Indonesia dimana, setiap 5 tahun sekali BPK diperiksa oleh lembaga pemeriksa negara lain.

Anggota V berharap agar kedua lembaga pemeriksa dapat meningkatkan hubungan yang telah terjalin dan saling bekerja sama, karena pengalaman bersama akan memberikan manfaat yang lebih besar untuk semua.

Selanjutnya, delegasi juga melakukan kunjungan ke Universitas Al Azhar di Cairo, dan diterima oleh Mayor Jenderal Ismail Safwat, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Majelis Tinggi Al Azhar. Dalam kunjungan tersebut, delegasi BPK RI mendapatkan informasi, khususnya yang berkenaan dengan manajemen pendidikan tinggi di Universitas Islam. Hal ini sangat bermanfaat, mengingat saat ini BPK RI sedang mengembangkan metodologi pemeriksaan yang dapat mendorong pengelolaan manajemen pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri agar dapat menghasilkan SDM yang berkualitas sesuai kebutuhan, dengan tetap menjaga nilai-nilai Islami.