BERITA UTAMA

Kunjungan Bilateral BPK RI ke National Audit Office of the People’s Republic of China (CNAO)

07 November 2016

Beijing, 01 November 2016. Dalam rangka implementasi kerja sama bilateral antara Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan National Audit Office of the People's Republic of China (CNAO), Anggota III BPK RI, Prof. Dr. Eddy Mulyadi Soepardi; didampingi Inspektur Utama, Dr. Drs. Mahendro Sumardjo; Kepala Auditorat VI.A, Novel Anwar, serta delegasi lainnya melakukan kunjungan bilateral ke CNAO pada tanggal 31 Oktober s.d 3 November 2016.

Tujuan dari kegiatan ini adalah pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam rangka menguatkan, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan auditor kedua Supreme Audit Institutions (SAI), khususnya dalam bidang pemeriksaan atas pendidikan universitas, pemeriksaan atas pengelolaan bantuan bencana, pemeriksaan atas sekolah dasar dan menengah serta pemeriksaan atas program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam sambutannya, Anggota III BPK RI menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sarana bagi kedua SAI untuk saling berbagi informasi terkini mengenai perkembangan organisasi kedua lembaga, serta berbagi pengalaman atas bidang pemeriksaan tersebut di atas. Selanjutnya BPK RI sangat mengapresiasi untuk mendengarkan pengalaman dan pengetahuan atas pemeriksaan pada lembaga penelitian dan pengetahuan dari CNAO.

Pada akhir pertemuan, kedua pihak sepakat untuk melakukan implementasi kerja sama bilateral dengan mengangkat topik Agriculture yang direncanakan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2016 serta melakukan kunjungan ke Nanjing Academy (Pusdiklat CNAO) dalam rangka sharing session terkait pengembangan pusdiklat pada April 2017.

Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara BPK RI dan CNAO kedepannya.