BERITA UTAMA

Kontribusi BPK dalam Penyusunan Rencana Strategis ASEANSAI 2018-2021

22 Februari 2017

Pada tanggal 16 s.d. 18 Februari 2017, BPK menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEANSAI Strategic Planning Committee Meeting ke-8 di Kuta, Bali. Pertemuan ini bertujuan untuk menyusun konsep Renstra ASEANSAI 2018-2021 yang diikuti oleh semua anggota komite strategic planning sebanyak 25 peserta dari 6 SAI.

Pertemuan yang berlangsung selama 3 hari, dibuka oleh Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis. Dalam sambutannya, Ketua BPK menyampaikan bahwa Rencana Strategis merupakan komponen penting yang menjadi panduan untuk mencapai visi dan misi sebuah organisasi.

Untuk mencapai tujuan pertemuan, GIZ memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitator yang berperan untuk memandu jalannya pertemuan. Berbekal dari kajian mengenai ISSAI 12, evaluasi pelaksanaan Renstra ASEANSAI 2014-2017 dan benchmarking atas pelaksanaan Renstra ASOSAI dan INTOSAI, diskusi berlangsung dengan baik dan efektif. Hasil dari pertemuan ini akan disirkulasikan ke semua Komite ASEANSAI, sebagai referensi penyusunan work plan yang sejalan dengan Renstra ASEANSAI.

Dalam pertemuan ini, delegasi BPK diwakili oleh Dali Mulkana, Kepala Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (PSMK), Antonius Rektanto dan Tyas Utami Dibyantari.