BERITA UTAMA

Ketua BPK Menyampaikan Program WGEA Tahun 2017 s.d. 2019 di INCOSAI XXII Abu Dhabi

09 Desember 2016

Dalam Konferensi INTOSAI ke XXII di Abu Dhabi Uni Emirate Arab (UAE), Ketua BPK menyampaikan laporan sebagai Ketua Working Group on Environmental Audit (WGEA). Dr Harry Azhar Azis memaparkan capaian WGEA untuk tahun 2014 s.d. 2016 dan program kerja tahun 2017 s.d. 2019. Laporan disampaikan di depan 192 Badan-badan Pemeriksa di seluruh dunia, yang setiap tiga tahun mengadakan konferensi untuk menetapkan Ketua INTOSAI, menyampaikan laporan dan program masing-masing bidang di asosiasi BPK sedunia.

Ketua didampingi Anggota II BPK, Dr. Agus Joko Pramono dan Tortama II BPK, Bahtiar Arif serta delegasi. Delegasi BPK mengikuti rangkaian INCOSAI ke XXII dari tanggal 5 s.d. 12 Desember 2016. BPK hadir dalam kapasitas sebagai Ketua WGEA dibawah Knowledge Sharing Committee (KSC). Sebagai Ketua WGEA BPK menyampaikan capaiannya selama 3 tahun terakhir kepada kongres diantaranya penyusunan pedoman audit di bidang lingkungan hidup, hasil riset dan survey serta beberapa coordinated audit di bidang lingkungan.

Kehadiran delegasi BPK di konferensi BPK sedunia ini merupakan bukti kontribusi BPK untuk memberikan penguatan lembaga audit di dunia khususnya di bidang lingkungan hidup. Ini menjadi relevan terutama terkait dengan isu Sustainable Development Goals (SDGs) dimana program kerja WGEA tahun 2017 s.d. 2019 banyak berkaitan dengan peran lembaga audit dalam mendorong capaian tujuan dan target SDGs 2030.