BERITA UTAMA

Ketua BPK Mendorong Pentingnya SDGs dalam Pertemuan Teknis 17 antara BPK dan JAN Malaysia

07 Desember 2017

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Jabatan Audit Negara (JAN) Malaysia kembali menggelar Pertemuan Teknis ke-17 di Kuching, Sarawak, Malaysia pada 7-8 Desember 2017. Dalam pertemuan tersebut, delegasi BPK dipimpin oleh Ketua BPK, Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, C.P.A.,CA., dengan didampingi oleh Anggota V BPK, Ir. Isma Yatun, M.T., dan Kepala Auditorat V.A, Ayub Amali. Bertindak sebagai tuan rumah, delegasi JAN Malaysia dipimpin oleh Tan Sri Dr. Madinah Binti Mohamad, Auditor General JAN Malaysia dan Khalid Khan bin Abdullah Khan, Deputy Auditor General JAN Malaysia.

Pertemuan teknis tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil kesepakatan pada pertemuan sebelumnya yang digelar di Denpasar, Bali pada 12 Februari 2017. Dalam pertemuan yang diselenggarakan selama dua hari itu, kedua SAI saling bertukar pengetahuan dengan membahas isu-isu seputar Sustainability Development Goals (SDGs), Auditing on Management of Halal Certification, dan Auditing on Economic Development in Border Areas.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua BPK menyampaikan pentingnya peran Badan Pemeriksa dalam pengelolaan bersama isu-isu yang berkenaan dengan Sustainable Development Goals dan juga pengelolaan pengembangan ekonomi wilayah perbatasan. Hal ini sejalan dengan program prioritas pemerintah kedua Negara, Indonesia dan Malaysia.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan Minute of Meeting oleh Anggota V BPK dan Deputy Auditor General JAN yang menyepakati kegiatan paralel audit, study visit pengelolaan sertifikasi halal di Malaysia dan knowledge sharing metodologi atas pemeriksaan water management and public works, dan e-learning pada Pertemuan Teknis ke-18.