BERITA UTAMA

Ketua BPK Membuka the 7th Seminar on Environmental Auditing dan the 6th Working Meeting of ASOSAI WGEA di Thailand

29 Januari 2018

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, sebagai Ketua INTOSAI WGEA memberikan sambutan dalam opening ceremony the 7th Seminar on Environmental Auditing and 6th Working Meeting of ASOSAI WGEA yang diselenggarakan di Khao Yai, Thailand pada tanggal 29 – 31 Januari 2018. Dalam sambutannya, Ketua BPK menyampaikan penghargaan atas dukungan yang diberikan oleh ASOSAI dalam pencapaian work plan ASOSAI WGEA tahun 2014-2016 dan berharap dukungan tersebut dapat terus berlanjut.

Sejalan dengan tema seminar yaitu the use of IT application in environmental auditing, Ketua BPK menegaskan bahwa INTOSAI WGEA telah aktif memberikan kontribusi dalam mendorong pemanfaatan IT dalam audit lingkungan sejak 2013 dengan menerbitkan hasil research mengenai Environmental Data: Resources and Options for Supreme Audit Institutions. Untuk lebih mendukung pemanfaatan IT, saat ini INTOSAI WGEA juga sedang menyusun training tool on Environmental Data: Resources and Option for SAIs

Seminar yang dihadiri oleh perwakilan dari 22 SAI anggota ASOSAI WGEA dan perwakilan dari Afrika dan Eropa ini juga bertujuan mendiskusikan perkembangan terbaru aplikasi Big Data dalam pemeriksaan lingkungan. Dalam seminar ini, BPK memberikan presentasi tentang pengalaman audit lingkungan menggunakan ArcGIS survey 123.

Dalam pertemuan ASOSAI WGEA tersebut, Ketua BPK didampingi oleh R. Yudi Ramdan Budiman, Kepala Biro Humas dan KSI, Juska Meidy Enyke Sjam, Kepala Direktorat EPP dan Whidas Prihantoro, Pemeriksa pada BPK Perwakilan Gorontalo.