BERITA UTAMA

Ketua BPK Melantik dan Mengambil Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan BPK

29 Januari 2019

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Moermahadi Soerja Djanegara melantik dan mengambil sumpah jabatan 3 (tiga) Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan BPK pada hari Selasa (29/01), di Auditorium Kantor Pusat BPK, Jakarta. Acara tersebut disaksikan oleh Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota III BPK, Achsanul Qosasi dan dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 16/TPA Tahun 2019 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungkungan BPK. Adapun Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Hery Subowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara, Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan, dan Bernardus Dwita Pradana yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan menjadi Staf Ahli Bidang Manajemen Resiko.

Dalam amanatnya, Ketua BPK mengatakan seiring dengan tuntutan pengelolaan keuangan yang lebih baik tantangan pekerjaan BPK ke depannya akan semakin kompleks, untuk itu pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk tour of duty dan tour of area suatu keniscayaan bagi BPK. Dengan tour of duty dan tour of area para pelaksana BPK mendapatkan kesempatan untuk memperluas pengetahuan, menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai pelaksana BPK yang profesional, independen dan berintegritas.

“Para Pejabat yang baru dilantik harus mampu menunjukkan kinerja terbaiknya, jangan berpuas diri dan merasa aman dengan jabatan yang baru ini,” ungkap Ketua BPK. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya jaminan bahwa para pejabat akan terus berada di posisi tersebut hingga masa purna bakti.

Di akhir amanatnya, Ketua BPK mengucapkan selamat atas amanah yang telah diberikan dalam jabatan yang baru, diharapkan dengan dilantiknya pada jabatan yang baru akan memotivasi untuk lebih meningkatkan prestasi yang telah dicapai selama ini, serta diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya.