BERITA UTAMA

Kembali Gelar Festival Film, BPK Berharap Pengetahuan Masyarakat Mengenai Kawal Harta Negara Meningkat

24 April 2018

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) kembali menggelar Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN). Peluncuran FFKHN 2018 yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional RI, di Jakarta, pada Selasa (24/4), dibuka oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara. Kegiatan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini merupakan kerja sama antara BPK dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH.

FFKHN 2018 berupaya mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk mengirimkan film yang bercerita tentang output, pencapaian, peran, dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

“Festival film ini menjadi sebuah alternatif media edukasi mengenai kawal harta negara sekaligus juga menjadi ajang kreatif dalam menghasilkan karya seni perfilman,” ungkap Ketua BPK. Ketua BPK menyampaikan bahwa, FFKHN 2018 ini mengusung tema yang sama dengan FFKHN tahun lalu (Kawal Harta Negara), akan tetapi, FFKHN 2018 lebih menekankan pada pentingnya kontribusi BPK terhadap upaya penguatan kawal harta negara sesuai dengan tugas dan fungsi BPK.

BPK berharap, proses dan hasil FFKHN 2018 kali ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kawal harta negara, sehingga mendorong upaya aktif masyarakat untuk bersama-sama mengawal harta negara.

Selain Ketua BPK, hadir pada peluncuran FFKHN 2018 ini diantaranya Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Perwakilan USAID-CEGAH, para pejabat di lingkungan BPK dan USAID, serta peserta FFKHN 2018 dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

Dalam kegiatan Peluncuran FFKHN 2018 juga diputar film pendek pemenang FFKHN 2017. Acara ini dirangkai dengan berbagai acara seperti Talk Show dengan BPK (R. Yudi Ramdan, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional), serta diskusi film dengan sineas senior Salman Aristo.