BERITA UTAMA

High Level Visit Wakil Ketua BPK ke ANAO Canberra Australia (6-11 November 2016)

25 November 2016

Wakil Ketua BPK Sapto Amal Damandari memimpin delegasi BPK melakukan High Level Visit ke kantor ANAO di Canberra Australia. Delegasi diterima oleh Auditor General Australia Grant Hehir dan Deputy Auditor General Rona Mellor.

Kunjungan ini merupakan sarana bagi pimpinan BPK dan ANAO untuk saling membagi informasi terkini mengenai perkembangan organisasi kedua lembaga. Hal ini dimaksudkan agar ekspektasi kerjasama bagi kedua belah pihak dapat tercapai untuk periode selanjutnya.

Diskusi pada kunjungan ini kedua pihak saling berbagi informasi dan pengalaman mengenai pengendalian mutu (quality controls) dan penjaminan mutu (quality assurance) pemeriksaan dan kelembagaan, termasuk desain dan implementasi governance risk and controls, sekaligus membahas manajemen sumberdaya manusia, terkait open recruitment, performance measurement and career path dari perspektif ANAO dan Australian Public Service Commision (APSC), termasuk langkah-langkah strategis untuk mengimplementasikan Rencana Strategis BPK dalam mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Pertemuan juga membahas tentang kemitraan antara BPK dengan ANAO, baik kemitraan yang sudah ada dalam pipe-line saat ini maupun kemitraan yang lebih luas di masa yang akan datang pada tahun 2017, serta tentang program GPF tahap selanjutnya.

Sebagai rangkaian kunjungan ini, BPK juga akan bertemu dengan kantor Certified Practising Accountants (CPA) Australia di Melbourne dalam rangka memperoleh lesson learnt dan pertukaran pendapat mengenai Public Sector Governance – Policy & Corporate Affairs and Public Sector Engagement dari perspektif lembaga public di Australia, serta bagaimana CPA Australia menjalankan program pendidikan berkelanjutan bagi para akuntannya.

Dalam kunjungan ini Wakil Ketua BPK didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Hendar Ristriawan, Inspektur Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan Bernardus Dwita Pradana, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Wahyudi dan Staf Sub Bagian Bilateral Prima Dian Prasasti.