BERITA UTAMA

BPK RI Meningkatkan Kerja Sama Bilateral dengan Supreme Audit Office of Poland (NIK)

16 April 2018

Senin, 16 April 2018, Delegasi BPK RI (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia), dipimpin oleh Ketua BPK RI, Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara,C.A., C.P.A., melakukan kunjungan bilateral ke Supreme Audit Office of Poland, Warsawa, Polandia. Dalam kunjungan kali ini Ketua BPK RI, didampingi oleh Duta Besar RI untuk Polandia, Peter Frans Gontha,diterima oleh Presiden Supreme Audit Office of Poland (NIK), Mr. Krzysztof Kwiatkowski.

Hubungan BPK RI dan NIK terjalin sejak penandatanganan MoU pada tahun 2008. Berbagai implementasi kerja sama bilateral telah dilaksanakan, antara lain pelaksanaan enam seminar bilateral yang dilakukan sejak 2009 serta pelaksanaan Peer Review BPK oleh NIK pada tahun 2014, dimana BPK RI telah melaksanakan rekomendasi peer review untuk meningkatkan sistem quality control BPK RI, sesuai dengan International Standards of Supreme Audit Institutions mengenai Quality Control for SAIs.

Tujuan dari kunjungan bilateral BPK RI kali ini adalah untuk melanjutkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kapasitas audit, khususnya disektor publik dengan melakukan seminar bilateral dengan topik Hubungan antara SAI dan Parlemen, Peran SAI dalam mencapai SDGs, dan Audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Ketua BPK RI berharap kunjungan ini dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama tidak hanya secara regional, tetapi juga akan menghasilkan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan kapasitas masing-masing auditor dalam memperoleh dan mengembangkan praktik-praktik internasional yang terbaik.