BERITA UTAMA

BPK Menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Mengenai Dana Desa

16 Agustus 2017

Sesuai dengan Rencana Strategis Pemeriksaan BPK 2016-2020 mengenai Pembangunan Kewilayahan khususnya Pembangunan Desa dan Kawasan Pedesaan, BPK mempersiapkan rancangan pemeriksaan diantaranya pemahaman arah kebijakaan pembangunan desa terutama menyangkut Dana Desa. Untuk itu, pada hari Selasa, tanggal 15 Agustus 2017 BPK dalam hal ini Auditorat Keuangan Negara (AKN) V menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Dana Desa bertempat di Kantor Pusat BPK, di Jakarta.

Hadir Auditor Utama Keuangan Negara V, Bambang Pamungkas, dan Plt. Auditor Utama Keuangan Negara III, Blucer Rajagukguk serta para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan AKN II, III, V dan VI. Narasumber yang hadir dalam FGD tersebut antara lain dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, Ditjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kemendes, Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu dan BPKP.

Selama FGD para peserta dan Narasumber mendiskusikan isui-isu kebijakan, sistem dan pelaksanaan Dana Desa. Dimulai dengan penjelasan Pokok-Pokok, dan Arah Kebijakan Pembagunan Desa dan dilanjutkan Pembangunan Desa dan Pembangunan Desa serta Gambaran Umum dan Evaluasi Penyaluran Desa. Dari sisi tata kelola pelaporan, BPKP juga menjelaskan perbandingan PSAP Pelaporan Pemerintah Desa dan Permendagri 113/2014.