BERITA UTAMA

BPK Menjadi Tuan Rumah Pertemuan ASOSAI Governing Board ke-51

20 Februari 2017

Pada 13 s.d 15 Februari 2017, BPK sebagai salah satu anggota ASOSAI Governing Board (GB) menjadi tuan rumah pertemuan ASOSAI Governing Board (GB) ke-51 di Kuta, Bali. Dihadiri oleh 69 peserta dari 11 SAI anggota GB, 1 SAI anggota audit committee dan 3 SAI observer, pertemuan ini dibuka oleh Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis. Delegasi yang mewakili BPK dalam pertemuan tersebut adalah Anggota II BPK, Dr. Agus Joko Pramono, Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan, Kepala Biro Humas dan KSI, R. Yudi Ramdan Budiman serta Kepala Subbagian Hubungan INTOSAI, ASOSAI dan ASEANSAI.

Bertujuan untuk membahas dan menyetujui isu-isu strategis ASOSAI dan memilih Sekretariat ASOSAI periode 2018-2021 dan tuan rumah ASOSAI assembly meeting ke-15, pertemuan ASOSAI GB ini dipimpin oleh Mr. Khalid Khan bin Abdullah Khan, Deputy Auditor General Jabatan Audit Negara Malaysia, selaku Ketua ASOSAI.

Sebelum pertemuan ASOSAI GB, dilakukan beberapa side meeting yaitu pertemuan bilateral dan trilateral yang membahas isu strategis pola kerjasama ASOSAI ke depan antara Ketua ASOSAI, Sekretariat ASOSAI dan INTOSAI Development Initiatives (IDI) pada 11 Februari 2017. Selain itu, diselenggarakan juga pertemuan Capacity Development Committee yang merupakan pertemuan teknis untuk mempersiapkan pertemuan governing board pada 12 Februari 2017.

Pertemuan ASOSAI GB ke-51 menyetujui SAI Jepang sebagai Sekretariat ASOSAI periode 2018-20121 menggantikan SAI Korea, dan SAI Thailand sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASOSAI Assembly meeting ke-15.

Melengkapi jalannya pertemuan, peserta pertemuan ASOSAI GB mengikuti excursion program pada 15 Februari 2017 dengan mengunjungi Taman Ayun, Tanah Lot dan pusat souvenir, Krisna. Program tersebut ditutup dengan makan malam di rumah dinas Gubernur dengan suguhan tarian khas Bali. Selain sebagai courtesy dari pemerintah provinsi Bali, makan malam ini juga digunakan sebagai ajang promosi pariwisata Bali di komunitas internasional.

Dengan menjadi tuan rumah pertemuan ASOSAI GB, BPK menunjukkan komitmen untuk terus aktif berkontribusi dalam asosiasi perkumpulan Badan Pemeriksa di kawasan Asia.