BERITA UTAMA

BPK menghadiri Pertemuan ke-10 INTOSAI Working Group on Key National Indicators (WGKNI) pada tanggal 25-27 April 2017 di Brasilia, Brazil

04 Mei 2017

Badan Pemeriksa Keuangan menghadiri Pertemuan ke-10 INTOSAI Working Group on Key National Indicators (WGKNI) di Brasilia, Brazil pada tanggal 25-27 April 2017. Pada pertemuan tersebut, Anggota BPK, Eddy Mulyadi Soepardi yang didampingi Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional, R. Yudi Ramdan Budiman, memberikan presentasi mengenai perkembangan terbaru dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan hubungannya dengan KNI di Indonesia serta peran BPK terkait hal tersebut.

Pertemuan yang dihadiri 19 peserta dari 9 Badan Pemeriksa dibuka oleh Raimundo Carreiro, President of the Federal Court of Accounts of Brazil. Dalam sambutannya, Raimundo Carreiro menyampaikan pentingnya meningkatkan kesadaran untuk melawan kecurangan dan korupsi, meningkatkan transparansi dalam Pemerintahan, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sejalan dengan itu, Dmitry Zyatsev, selaku Ketua WGKNI dari SAI Rusia menyatakan bahwa pertemuan tersebut penting untuk berbagi pengalaman-pengalaman negara-negara terkait peran KNI dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pertemuan tersebut diharapkan dapat memberi manfaat jangka panjang kepada Kelompok Kerja dalam rangka mengembangkan pendekatan metodologi terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pertemuan tahunan ke-10 ini bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan rencana kerja Kelompok Kerja, berbagi pengalaman antar negara anggota terkait KNI dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, serta mendiskusikan proyek-proyek baru yang akan dilaksanakan oleh WGKNI. BPK berkesempatan mempresentasikan tentang.

Output dari pertemuan tersebut yaitu: 1) pengesahan rencana kerja WGKNI untuk tahun 2017; 2) persetujuan sub proyek baru terkait macroeconomic forecast dan pemeriksaan atas penggunaan dan pengembangan KNI; serta 3) penunjukan SAI Italia sebagai tuan rumah Pertemuan kesebelas di tahun 2018.