BERITA UTAMA

BPK dan SAO Latvia Tanda Tangani MoU Kerja Sama di Bidang Pemeriksaan Sektor Publik

27 November 2018

Untuk memperkuat hubungan kerja sama dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Moermahadi Soerja Djanegara dan Auditor General of the State Audit Office of the Republic of Latvia (SAO Latvia), Elita Krūmiņa menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama bilateral di bidang pemeriksaan sektor publik.

Pelaksanaan penandatanganan MoU antara BPK dan SAO Latvia dilakukan di sela-sela pertemuan Forum for INTOSAI Professional Pronouncements (FIPP), dan didasari oleh adanya keinginan kedua institusi untuk memperkuat kerja sama yang selama ini telah terjalin dalam wadah International Organization of Supreme Audit Institution (INTOSAI).

Prosesi penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada 26 November 2018 di Bali tersebut turut disaksikan oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dan Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Pengembangan, Slamet Kurniawan serta Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso. Di lain pihak, Auditor General of SAO Latvia didampingi oleh Māris Klindžāns, Head of International Cooperation Division of SAO Latvia.

Perjanjian kerja sama bilateral yang disepakati oleh kedua lembaga pemeriksa itu meliputi pengembangan metodologi pemeriksaan, penyebaran informasi, keahlian, kebijakan pemeriksaan, teknologi, serta praktik-praktik terbaik di bidang pemeriksaan sektor publik guna mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel di kedua negara.

Sebagai implementasi awal, pada pertemuan tersebut BPK dan SAO Latvia juga sepakat untuk melaksanakan seminar bilateral mengenai cross-sectoral performance and forensic audits, serta co-operation with law-enforcement agencies.

Usai kegiatan penandatanganan MoU, delegasi SAO Latvia kemudian melanjutkan kunjungannya ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, untuk berdiskusi dan memperoleh penjelasan lebih lanjut mengenai pemeriksaan yang dilakukan oleh kantor perwakilan.