BERITA UTAMA

BPK dan ANAO Tingkatkan Kualitas Pemeriksaan Kinerja melalui Senior Management Dialogue

13 September 2018

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Australian National Audit Office (ANAO) mengadakan rangkaian acara Senior Management Dialogue (SMD) dengan topik utama “Improving the Quality of Performance Audit”, 12-13 September 2018 di Kantor Pusat BPK RI, Jakarta. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi kerjasama BPK-ANAO untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan kinerja BPK, sebagai salah satu strategi mencapa visi BPK dalam Renstra 2016-2020, yaitu menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat, Delegasi ANAO terdiri dari Ms. Jane Meade (Group Executive Director, Professional Services and Relationships Group), Ms. Lisa Rauter (Group Executive Director, Performance Audit Service) dan Dr. Andrew Pope (Senior Advisor ANAO).

Dalam kesempatan courtesy call dengan delegasi ANAO, Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa BPK berkomitmen untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas Pemeriksaan Kinerja. Dalam kaitannya dengan Agenda 2030, BPK akan meningkatkan pemeriksaan kinerja, terutama untuk pemeriksaan program pemerintah terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan kontribusi BPK ini akan dapat menjamin pencapaian SDGs dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut Wakil Ketua BPK juga mengapresiasi bantuan ANAO dalam mengembangkan kapasitas pemeriksaan BPK selama ini.

Agenda SMD di hari pertama dimulai dengan diskusi mengenai praktik Quality Assurance di BPK dan ANAO. Diskusi tersebut diikuti seluruh Inspektur di lingkungan Inspektorat Utama BPK dengan topik pembahasan meliputi Quality Framework, Quality Assurance on Performance Audit, Institutional Quality, dan Integrity Enforcement. Selain itu, turut dibahas beberapa topik yang sedang dikembangkan oleh Itama antara lain Risk Management System, Quality Management System dan Anti Bribery Management System.

Selanjutnya pada hari pertama juga dilaksanakan workshop dengan topik “Improving the Quality of Performance Audit” di auditorium BPK. Narasumber BPK adalah Kepala Auditorat II. B, Beni Ruslandi yang memaparkan pengalaman Pemeriksaan Kinerja pada Dirjen Bea Cukai dan Inspektur Utama, Ida Sundari yang memaparkan mengenai peran Inspektur Utama dalam peningkatan kualitas pemeriksaan kinerja BPK. Sementara itu, pihak ANAO memaparkan mengenai pentingnya peran pimpinan dalam penjaminan mutu pemeriksaan dan mekanisme penjaminan mutu di ANAO. Bertindak sebagai moderator adalah Kepala Direktorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan, Selvia Vivi Devianti.

Selanjutnya pada 13 September 2018, dilaksanakan diskusi mengenai penerapan penjaminan mutu pemeriksaan yang dikontrakkan kepada kantor akuntan publik bersama dengan pejabat dari Direktorat EPP, yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai pengembangan pemeriksaan kinerja di BPK dengan para pejabat dari Badiklat BPK, Direktorat Penelitian dan Pengembangan dan Biro SDM. Diskusi ini mengambil fokus rencana pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja bagi pejabat eksekutif BPK, sertifikasi pemeriksa untuk pemeriksaan kinerja, serta pengembangan talent management untuk pemeriksaan kinerja di BPK.

Diharapkan dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan selama dua hari tersebut akan dapat membawa manfaat bagi pengembangan kapasitas pemeriksaan kinerja dan penjaminan mutu di kedua institusi. Diskusi berjalan dinamis dan interaktif, sesuai dengan tujuan kegiatan SMD ini yaitu sharing of knowledge and experinces. Dari rangkaian kegiatan SMD ini, tidak hanya pihak BPK yang mendapat banyak masukan, namun delegasi ANAO juga memperoleh pengetahuan dan perspektif baru dari BPK yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pemeriksaan kinerja di Australia.