BERITA UTAMA

BPK Dampingi Auditor SAV Vietnam Dalam Field Audit Pemeriksaan Atas Pengelolaan Lingkungan Pada Kawasan Industri Di Provinci Bac Ninh, Vietnam

03 Juli 2018

Dalam rangka melanjutkan komitmen BPK dalam kerangka kerjasama bilateral antara BPK RI dan SAV Vietnam untuk meningkatkan capacity building di bidang pemeriksaan kinerja pengelolaan lingkungan, pada tanggal 25-29 Juni 2018 tim Technical Assistance BPK RI yang terdiri dari Rudi Hamonangan Sinaga, Oktarika Ayoe Sandha dan Tri Wahyu Bangun Astuti mendampingi tim SAV Vietnam yang diketuai oleh Mr. Phan Truong Giang (Principal Auditor, Deputy Director of International Cooperation Department) dalam pemeriksaan tahap field audit atau pemeriksaan lapangan. Kegiatan ini dilakukan setelah sebelumnya Tim menyelesaikan coaching pada tahap Perencanaan Audit yang menghasilkan Audit Design Matrix (ADM) yang digunakan sebagai acuan pelaksaan pemeriksaan Pengelolaan Lingkungan pada Kawasan Industri.

Dalam tahap ini, Tim BPK dan SAV melakukan melakukan serangkaian reviu dokumen pada beberapa entitas terkait yaitu Department of Natural Resources and Environment of Bac Ninh Province (DONRE) dan Management Board of Industrial Parks (MBIP) yang merupakan pembuat kebijakan terkait pengelolaan lingkungan dan pelaksana teknis pengelolaan lingkungan hidup di kawasan industri pada tingkat Provinsi Bac Ninh. Selanjutnya tim audit SAV bersama tim BPK melakukan kegiatan site visit ke beberapa kawasan industri (Industrial Park/IP) guna melihat implementasi kepatuhan atas kebijakan serta melihat teknis pengelolaan limbah baik limbah air maupun limbah padat di kawasan industri. Pelaksanaan site visit dilakukan terhadap 5 industrial park yang dipilih sebagai sampel yaitu Tien Son Industrial Park, Que Vo Industrial Park, Yen Phong Industrial Pak, Dai Dong –Hoan Son Industrial Park dan Hanaka Industrial Park.

Selain melakukan pemeriksaan atas implementasi kepatuhan atas kebijakan, dalam pelaksanaan field audit ini tim SAV juga melakukan pengujian atas hasil pengolahan air limbah baik yang dilakukan secara sentralisasi oleh perusahaan pengelola kawasan industri (Investor of IP infrastructure) maupun yang dilakukan sendiri oleh perusahaan, termasuk pengecekan lisensi yang dimiliki sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam melakukan pengujian limbah tim SAV dibantu oleh tenaga ahli lingkungan yang direkomendasikan oleh Ministry of Natural Resources and Environmental (MONRE) dan dibiayai oleh USAID – GIG program.

Pendampingan dan coaching yang dilakukan tim BPK selama site visit ini dilakukan untuk melihat bagaimana tim SAV mengimplementasikan audit program yang sudah disusun dan melakukan prosedur audit yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi tersebut, tim BPK memberikan masukan atas beberapa area antara lain terkait audit methodology, audit program, audit management dan audit substance.

Setelah field audit, tim BPK akan melakukan pendampingan kembali pada tahap pelaporan audit yang direncanakan akan dilakukan pada akhir bulan Juli 2018.