BERITA UTAMA

BPK Berkerjasama dengan ASEANSAI Gelar Seminar Meningkatkan Kesadaran SDGs.

02 April 2018

Lembaga Pemeriksa berperan untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Lembaga pemeriksa memiliki fungsi untuk membantu dalam perencanaan dan implementasinya. Sebagai lembaga pemeriksa perlu merekomendasikan implementasi dari 17 tujuan SDGs. Pada masing-masing tujuan tersebut, harus menghubungkan dampak suatu proyek dengan pendekatan pemerintah dan masyarakat, seperti dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dalam tahap perencanaan, agar dalam tahap implementasi dapat terus berkesinambungan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Moermahadi Soerja Djanegara dalam Seminar on Sustainable Development Goals, Increasing the Awareness Of SDGs, yang berlangsung di Jakarta, pada Senin, (2/4).

Seminar ini bertujuan adalah untuk meningkatkan awareness pada pimpinan lembaga pemeriksa (SAI) atas pentingnya SDGs dalam mendorong transparansi, akuntabiltas dan anti korupsi. Seminar ini dibuka oleh Ketua BPK dan menghadirkan narasumber antara lain Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna, Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, dan Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir, selain itu seminar dihadiri oleh delegasi dari lembaga pemeriksa di regional negara-negara ASEAN.

Ketua BPK melanjutkan, sebagai lembaga pemeriksa kita harus dapat merekomendasikan implementasi dari 17 tujuan SDGs.

“Melalui proses penilaian yang luas, kebijakan dapat dimulai, ditambah atau dikurangi. Kadang-kadang sebuah kebijakan diperlukan untuk menghindari bahaya tertentu. Namun pada waktu lainnya dimungkinkan juga sebuah kebijakan harus dihentikan, tujuannya adalah untuk pertumbuhan, pembangunan berkelanjutan, sehingga dukungan lembaga pemeriksa diperlukan untuk dapat tumbuh bersama dan melibatkan lebih banyak aspirasi , menuju masa depan yang cerah” jelas Ketua BPK.