BERITA UTAMA

BPK Bahas Isu Lingkungan dalam Pertemuan dengan Anggota INTOSAI WGEA

17 Juli 2018

Badan Pemeriksa Keuangan RI menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan anggota Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia (INTOSAI) Working Group on Environmental Auditing (WGEA), pada tanggal 17 – 19 Juli 2018 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum pertemuan dilaksanakan, pada 16 Juli 2018 Anggota V BPK, Isma Yatun selaku tuan rumah beserta para delegasi melaksanakan program pengenalan tata kelola kota berspektif lingkungan. Selain mendapatkan informasi wisata kota bandung, para delegasi juga mendapatkan pemaparan dari pihak Pemerintah Daerah Kota Bandung tentang implementasikebijakan greening cities yang berkaitan dengan office housing, land, dan landscape of Bandung.

Pertemuan SAI (Supreme Audit Institution) dari 41 negara anggota INTOSAI WGEA ini dibuka secara resmi oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara yang didampingi oleh Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dan Anggota V BPK, Isma Yatun.

Ketua BPK menyebutkan bahwa dengan adanya pertemuan ini, dimana BPK RI sebagai Ketua Working Group, diharapkan dapat menjadi forum berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya terkait isu lingkungan. “Di dalam working group itu ada beberapa kegiatan, diantaranya penelitian bersama-sama, menyusun standar pemeriksaan, dan beberapa nanti juga melakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Pertemuan ini menghadirkan para pembicara yang akan memberikan perspektif dan pengalaman yang bermanfaat untuk memperluas pengetahuan tentang pemeriksaan lingkungan diantaranya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Auditor General ANAO, serta beberapa narasumber lainnya.

Selain itu, ada 3 tema besar yang akan dibahas dalam pertemuan ini, yaitu bagaimana meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan, pengelolaan lahan berkelanjutan, serta pemeriksaan lingkungan dan masyarakat. Tiga tema tersebut sesuai dengan tema High-Level Political Forum tahun 2018 yaitu Transformation Towards Sustainable and Resilient Societies, yang tercermin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

INTOSAI WGEA merupakan kelompok kerja pemeriksaan lingkungan BPK se-dunia. BPK RI merupakan Ketua dan Sekretariat INTOSAI WGEA sejak 2014. Pada periode 2017-2019, BPK RI bertanggung jawab atas pencapaian proyek WGEA. INTOSAI WGEA dalam rencana kerjanya, melakukan kegiatan antara lain penyusunan audit guidance, penyusunan proyek penelitian, kerja sama pemeriksaan, penyelenggaraan survei dan pelatihan, serta diseminasi informasi terkait isu lingkungan.