BERITA UTAMA

Badan Pemeriksa Keuangan dan State Audit Organization of Lao PDR lanjutkan kerja sama bilateral

04 April 2018

Ketua BPK RI, Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, C.A., C.P.A., dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Bahtiar Arif; Kaditama Revbang, Slamet Kurniawan, serta Inspektur Utama, Ida Sundari, menerima kunjungan dari President of The State Audit Organization of Lao People’s Democratic Republic, Dr. Mrs. Viengthong Siphandone, yang didampingi oleh Ambassador of Lao PDR to Indonesia, Mrs. Pavanh Nuanthasing, serta delegasi lainnya pada tanggal 4 April 2018. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Seminar ASEANSAI dengan topik Sustainable Development Goals, Increasing the Awareness Of SDGs.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pihak melakukan diskusi terkait audit quality assurance approach, yang disampaikan oleh Inspektur Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan, B. Dwita Pradana, serta melakukan penandatanganan action plan yang berisi kesepakatan untuk peningkatan kapasitas pemeriksaan periode 2018 - 2019. Kesepakatan tersebut meliputi: secondment bagi para ketua tim audit SAO Laos di BPK pada tahun 2018, dan training of performance audit and development of technical guidance on audit risk assessment pada tahun 2019.

Pada pertemuan tersebut, President of SAO juga berkesempatan menyampaikan sertifikat kepada BPK Trainers of Performance Audit, yang telah menyelesaikan pemberian training pemeriksaan kinerja di SAO Laos. Training tersebut diberikan kepada 50 auditor SAO Laos mengenai pemeriksaan kinerja dengan studi kasus pelayanan kesehatan pada tanggal 17 s.d. 22 Juli 2017.

Melalui kegiatan ini, BPK dan SAO Laos berharap untuk memperluas kerja sama dengan melakukan kegiatan bersama, secara proaktif, khususnya dalam sektor publik, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kedua belah pihak.