BERITA UTAMA

Anggota V BPK Tutup Workshop Persiapan Pemeriksaan

05 Juli 2018

Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan, Isma Yatun resmi menutup Workshop I Persiapan Pemeriksaan Pendahuluan Tematik Kinerja Efektivitas Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Dalam sambutannya, Anggota BPK menegaskan bahwa pemeriksaan ini diperlukan agar Kepala Desa lebih paham dalam mengelola dana desa. “Oleh karena itu, Efektivitas Pembinaan dan Pengawasan ini perlu, supaya ke depan Kepala Desa lebih pandai dan paham dalam mengelola dana desa,” ungkapnya. Sehingga Kepala Desa tidak mudah diperalat oleh pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari dana desa.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai dari Selasa (3/7/2018) ini diharapkan dapat memperkaya dan menambah wawasan seluruh tim pemeriksa. Untuk memperkaya wawasan sekaligus menyamakan sudut pandang pemasalahan, workshop ini juga menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Auditor Utama Keuangan Negara III BPK, Senior Advisor ANAO, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Akademisi dari LPEM UI.

Selama tiga hari tersebut, para peserta mengikuti kegiatan diantaranya pemaparan oleh narasumber dari Kemendagri dan Kemendes mengenai Pengelolaan Dana Desa dan Hasil Penelitian LPEM UI mengenai Dampak Dana Desa Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Desa dan Knowledge Sharing pemeriksaan Kinerja oleh Senior Advisor ANAO. Selain itu, diskusi kelompok dan pemaparan tentang Area Potensial dan Langkah-langkah Pemeriksaan sebagai bahan perbaikan.