BERITA UTAMA

Anggota BPK Hadiri Pertemuan Pertama INTOSAI WGBD di Nanjing, Cina

20 April 2017

Sebagai wujud komitmen BPK dalam INTOSAI WGBD, pada tanggal 17 – 19 April 2017, delegasi BPK yang dipimpin oleh Anggota II BPK, Dr. Agus Joko Pramono menghadiri pertemuan pertama INTOSAI WGBD di Nanjing, Cina. Pertemuan pertama yang dihadiri oleh 25 delegasi dari 19 SAI ini bertujuan untuk menyusun rencana kerja dan work plan working group untuk periode 2017 – 2019.

Dengan didampingi oleh Risa Prakosa Mulya (Kepala Subagian Dukungan Pemeriksaan, Biro TI) dan Kanti Sulistyowati (staf pada Biro Humas dan KSI), Dr. Agus Joko Pramono memberikan keynote speech dengan judul Embracing Big Data in BPK. Pembicara lain yang berkesempatan memberikan keynote speech adalah Sun Baohou (Acting Auditor General of CNAO), Gene L Dodaro (Comptroller General of GAO), dan Chaisit Trachoetham (Chairman of the State Audit Commission of Thailand).

Pertemuan yang dilaksanakan delama 2 hari tersebut menghasilkan konsep TOR yang memuat rencana proyek WGBD dalam Work Plan of 2017-2019, host pertemuan tahun 2018 yaitu US GAO, dan rencana penyelenggaraan Seminar on Challenges and Opportunities faced by SAIs in Big Data World, on How Practices of Big Data and Audit Help Promote Sustainable Development, and on Changes in Audit Management in the Era of Big Data. Diharapkan, pertisipasi aktif BPK dalam WGBD ini tidak hanya mendorong peran serta dan eksistensi BPK di komunitas internasional, tetapi juga memperkuat kemampuan BPK dalam menghadapi metodologi audit baru yang in line dengan era big data.