BERITA UTAMA

AKN VI BPK Menggelar Rakor untuk Persiapan Pemeriksaan Tematik JKN dan Dikdasmen

29 Desember 2017

Auditorat Keuangan Negara (AKN) VI BPK menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemeriksaan Tematik JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) serta Sosialisasi Panduan Pemeriksaan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah). Kegiatan yang dilaksanakan di Semarang pada tanggal 28 dan 29 Desember 2017 tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan persiapan pemeriksaan tematik kepada pemeriksa di lingkungan AKN VI.

Rakor ini dibuka secara resmi oleh Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis. Dalam sambutannya, Anggota BPK berpesan agar diskusi pada rakor ini memperhatikan beberapa pendapat yang pernah disampaikan olehnya. Selain itu, ia juga mengharapkan agar pemeriksaan tematik tersebut dapat segera diselesaikan. “Saya berharap pemeriksaan tematik JKN dan Dikdasmen dapat diselesaikan menjelang akhir Januari atau awal Februari, sehingga dapat dilaporkan ke DPR RI dan DPD RI serta Presiden melalui IHPS I,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Anggota BPK juga mengingatkan hal-hal yang berkaitan dengan persiapan Pemeriksaan Dana Desa dan Bantuan Partai Politik. Diantaranya yaitu terkait kebutuhan sumber daya pemeriksa. Anggota BPK meminta agar AKN VI dan Perwakilan BPK dapat memetakan kebutuhan tenaga pemeriksa untuk seluruh Perwakilan BPK di wilayah timur serta dikoordinasikan dengan AKN V.

Sementara itu, Auditor Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa dalam laporannya menyampaikan bahwa, rapat koordinasi ini dihadiri oleh sebanyak 241 peserta di lingkungan AKN VI dan 18 Perwakilan BPK wilayah timur. Selain melaksanakan diskusi dan konsenyering, pada rakor ini AKN VI juga memberikan penghargaan kepada sejumlah Perwakilan BPK yang berkinerja baik dengan beberapa kriteria diantaranya Pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama), Pemenuhan Jam Diklat, dan Efisiensi Anggaran.